Monday, March 20, 2017

Harga dan Spesifikasi Baofeng BF-888S HT Murah Terbaik

Sumber artikel ini berasal dari Harga dan Spesifikasi Baofeng BF-888S HT Murah Terbaik - Invasi beberapa barang produksi negara Cina merambah ke beragam bagian, termasuk juga bagian komunikasi radio. Mulai sejak ada product Cina, jadi selesai telah saat saat radio komunikasi portable (HT atau Handy Transceiver) semuanya bernilai diatas satu juta. Sebutlah Icom dengan IC-V8, Alinco dengan DJ-196/496/596. Kenwood dengan seri TK-nya, atau Yaesu dengan seri FT atau VX nya. Diantara banyak nama produsen Cina, satu yang paling banyak gaungnya yaitu : Baofeng. Merk radio yang pabriknya ada di Quanzhou City, Fujian ini telah keluarkan cukup banyak product radio komunikasi. Yang bakal saya bahas disini yaitu satu diantara produknya yang mungkin saja paling murah, yakni Baofeng BF-888S. Untuk periode sekitaran April, Mei, Juni 2016 harga nya, yang saya amati, jadi berfluktuasi ke arah makin murah. Mungkin saja lantaran stock banyak serta makin beberapa orang yang menjualnya, dalam soal ini yang saya amati, dengan cara on-line.
Paket penjualannya ada dua jenis. Ada yang dalam satu kardus 1 radio, ada yang 2 radio. Yang saya alami, itu juga masihlah ditambah macam dengan ada yang memberikan earphone, ada yg tidak.

Sebagai satu kelengkapan, earphone ya oke oke saja, namun saya sendiri tak terasa akan memakai itu.

Kelengkapan standarnya :
Unit radionya
Baterai dengan kemampuan 1500 mAh
Antena
Belt clip
Tali gantungan
Buku panduan
Charger
Dudukan Charger

Awalannya saya ketahui product ini, harga jualnya diatas 300 ribu. Semakin kesini harga nya semakin murah. Bahkan juga ada yang menjualnya sampai dibawah 200 ribu.
Untuk mereka yang pemula, mesti saya terangkan dahulu spesifikasi yang agak teknisnya :

Band frekwensi radio ini yaitu UHF, bukanlah VHF. Oleh karenanya akan tidak dapat nyambung dengan apa yang dimaksud “Radio 2 meteran”. Namun masihlah dapat oke untuk dipakai berbarengan radio type FRS atau GMRS, seperti Motorola Talkabout. Sudah pasti frekwensinya mesti sesuai dahulu dengan frekwensi FRS/GMRS.

Biasanya radio keluaran Baofeng yaitu dual band serta dapat menangkap siaran radio gelombang FM. Radio yang saya ulas disini yaitu single band serta tak ada Radio FM-nya.
Seperti yang tampak pada gambar, radio ini tak mempunyai display. Artinya, mustahil kita memprogram frekwensinya segera di radio. Mesti memakai computer dengan pertolongan kabel spesial serta software. Namun dari sananya kanal-kanal yang ada (keseluruhan ada 16 kanal) telah terprogram dengan sebagian frekwensi yang siap dipakai out of the box.
Kabel untuk memprogram frekwensi di kenal dengan kabel yang mempunyai standard colokan HT Kenwood. Di sebagian toko on-line ada yang menjualnya, bahkan juga kita dapat bikin sendiri bila ingin ngoprek. Untuk software, Baofeng keluarkan sendiri. Namun saya lebih sukai software Chirp yang cocok dengan radio ini, banyak juga radio lain.

Bila barang telah ditangan, saya sangka tak perlu buka manual untuk memakainya dengan cara kasual. Yang saya dapatkan, bhs Inggris di manual BF-888s ini cukup baik, tidak sama dengan beberapa produk Cina lain yang umumnya jelek. Cuma ada tiga tombol serta dua knob saja :

Saya terangkan semuanya yang ada pada gambar diatas :
Samping kiri atas, persis dibawah antenna yaitu tombol PTT (push to talk).
Tombol oranye di bawahnya yaitu tombol ‘monitor’, yang tujuannya bila kita pencet bakal bikin kita mendengar pancaran orang lain dalam kondisi squelch 0 di piranti kita.
Yang oranye di bawahnya lagi yaitu untuk menyalakan lampu LED yang berperan sebagai senter simpel.

Knob di samping kanan antena yaitu untuk pilih kanal (16 kanal).
Di samping kanannya yaitu knob volume sekalian untuk menyalakan radio. Saat radio dinyalakan bakal ada keluar nada “Power On”.
Tagline dibawah tulisan BF-888S yang menyebutkan VHF/UHF terang salah. Atau mungkinkah ada versus BF-888S yang beroperasi di VHF? Saya tidak paham.
50 CTCSS/105 CDCSS, ini yaitu sarana code squelch. Tujuannya, radio ini dapat kita buat sedemikian rupa hingga pancarannya dapat didengar siapapun, namun orang yang mendengarnya tak dapat partisipasi bicara lantaran “dikunci” dengan kode spesifik. Standard kode itu ada yang diberi nama CTCSS (Continuous Tone Coded Squelch Sistem) serta pada radio ini ada 50 kode. Sedang standard satu lagi di situ tercatat CDCSS, namun pada manualnya tercatat (serta memanglah semestinya sekian) DCS (Digital Coded Squelch), dengan 105 kode. Untuk mengeset ini sudah pasti mesti memakai software.
Vox Function. Ini yaitu feature yang sangat mungkin kita tak perlu memencet PTT. Demikian kita bicara jadi automatis nada kita bakal ditransmisikan layaknya seperti bila kita memencet PTT. Untuk memakai feature ini, radio mesti memakai earphone/headset yang ditujukan radio ini. Walau saya miliki earphone bawaan pada sebagian unit yang saya beli, saya malas cobanya. Salah-salah lantaran nada yg tidak berniat disampaikan dapat bikin radio automatis memancarkannya.
Voice prompt, tujuannya yaitu tips berbentuk nada, seperti nada “power on”. Saat pilih kanan dari 1 hingga 16 nada ini akan terdengar. Default bahasanya yaitu Inggris, serta kita dapat mengubahnya ke bhs Cina. Feature ini dapat pula dimatikan.
PC Programming. Ini telah terang. Programming tujuannya pasti mengeset frekwensi pada 16 kanal yang ada, bersama beberapa feature lain yang disiapkan aksesnya oleh software.
Emergency Alarm. Ini yg tidak terang. Kata manual, bila kita menyalakan radio dengan PTT serta tombol monitor dipencet sekalian bakal menyalakan atau mematikan feature ini. Saat saya cobalah, tak ada yang berlangsung. Pada radio Baofeng type yang lain, pengerti alarm yaitu bunyi seperti sirene, namun ya sebatas bunyi saja. Saya mengharapkan bakal keluar bunyi seperti itu pada radio ini, namun nyatanya dengan beragam macam pemencetan tombol, tak dapat.
Batterai Save. Ini feature penghemat baterai. Bila sepanjang 10 detik tak ada yang dipencet di radio atau radio tak terima tanda apa pun, jadi feature ini automatis bekerja. Feature ini default on, serta bakal off sendiri bila ada yang dipencet di radio atau ada tanda masuk. Dapat dimatikan lewat software, walau saya tidak paham untuk argumen apa mungkin saja kita bakal mengerjakannya.
Time-Out Timer. Feature ini menghindar pemakai radio bicara sangat lama. Bila sangat lama jadi pancaran bakal mendadak putus. Pada radio ini bila itu berlangsung, bakal keluar suara peringatan. Lamanya TOT dapat ditata lewat software juga.
Torch Light. Ini tujuannya lampu LED. Bila kita pencet tombolnya, lampu dapat nyala terus-terusan. Bila kita pencet lagi nyala putus-putus.
Untuk mereka yang termasuk juga high-class serta berselera tinggi saya yakinkan mungkin saja akan tidak ingin dengan apa pun yang bertuliskan “made in China”. Memanglah negara satu ini miliki permasalahan dengan citra produknya. Namun radio ini murah, gampang dipakai, serta jauh semakin bagus dari Walkie Talkie (FRS/GMRS). Untuk tidak segalanya dalam berkaitan komunikasi dalam kehidupan ini mesti memakai smartphone yang pasti pulsanya mesti kita beli selalu. Ini alat komunikasi yang sekali miliki, jadi gratis memakainya  Catatan : radio komunikasi seperti ini tak dapat diperlakukan seperti telepon selular, atau diibaratkan jangkauannya sama dengan yang dapat dilakuan oleh telepon selular.
Masalah daya jangkau, ada yang katakan HT UHF jangkauannya lebih pendek dari VHF, namun yang saya alami tak demikian. Tiap-tiap April atau Mei tiap-tiap th. saya senantiasa ke Bali dengan rombongan minimum empat bus. Dahulu untuk kepentingan koordinasi, saya serta rekan-rekan memakai Icom IC-V8, radio single band pada VHF. Baru th. 2016 ini semua saya ganti jadi BF-888S, serta semuanya baik-baik saja. Dengan cara teoretis jarak ditetapkan apakah pada dua radio ada penghambat/ada pada line-of-sight atau tak (yang bicara dapat lihat yang mendengar). Untuk meyakinkan jarak yang lebih jauh atau pancaran serta penerimaan yang bagus, sebaiknya antena ditukar. Type antenanya yaitu Female SMA. Saya sangka harga antena type itu yang bagus harga nya mungkin saja nyaris sama juga dengan radio ini.
Telah beberapa orang luar yang memberi penjelasan mengenai radio ini. Ada banyak hal utama yang saya intisarikan yang paling utama seperti berikut :
Ada penjelasan yang menyampaikan kalau keluaran nada dari radio ini kasar (raw). Nyatanya ada mod yang dapat dikerjakan untuk menangani hal semacam ini. Dengan cara pribadi saya tak terasa ada yang buruk dari kwalitas keluaran audio BF-888S yang saya miliki. “Jangan melakukan perbaikan hal yg tidak rusak”. Itu yang senantiasa saya pegang. Jadi dari semuanya unit yang saya beli, saya akan tidak coba mod itu.
Dudukan charger radio ini dilaporkan terkadang punya masalah dengan tension clips-nya. Ada langkah untuk memperbaikinya dari John Reinhart. Ada juga usaha untuk membuatnya lebih stabil, tak menggunakan baterai bila radionya didiamkan di charger, serta dapat ada koneksi untuk charging lewat USB.
Di Internet terdapat beberapa merk radio komunikasi portable yang pada intinya sama juga dengan radio ini. Umpamanya RYT – TC-390, BHD – B-828, Tekoo – TK100, Tianyi – TY100, BSD – BSD-580, Heng ShunTong – H-700/H-500, Hong LiTong – HL-T7, Puxing – PX-500s, Retevis – H-777, Longwei – HT-R5, Hua Tong – HT-R5, Zastone – ZT-V68, … dsb. Yang ada di Indonesia, umpamanya Retevis – H-777, yang di jual dengan harga yang berkompetisi.
Sekian penjelasan singkat mengenai “mainan” ini :) Tak anti-air, tak stylish dengan display (namun membuatnya lebih hemat baterai), juga tak miliki beberapa ratus channel/memory, namun yang utama murah meriah serta miliki nilai manfaat yang pasti. Mudah-mudahan dapat berikan deskripsi untuk yang bakal membelinya.

1 comment: